22
Apr
08

JALAN RUSAK, PENGENDARA JATUH HINGGA PATAH TULANG

Jalan Provinsi Sampit-Samuda, rusak parah banyak box-box atau gorong-gorong yang jebol, akibat para pengendara harus ekstra hati-hati kalau melintas di jalan tersebut.

Kerusakan tersebut sudah banyak pengguna jalan yang jatuh. Walaupun belum ada korban jiwa, namun sudah ada yang mengalami patah tulang.

Kerusakan jalan yang menghubungi Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dengan Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan sudah cukup lama, walaupun ruas jalan ini sudah beberapa kali diperbaiki.

Kerusakan jalan tersebut bukan karena banyaknya kendaraan yang melintas dijalan ini, melainkan disebabkan oleh kendaraan-kendaraan besar yang melintas di jalan tersebut.

Seperti truk-truk yang bermuatan CPO, para kendaraan kontraktor yang membawa material semuanya, semuanya melebihi kemampuan badan jalan yang hanya bisa dilewati kendaraan yang bertonage sekitar 8,3 ton sementara kelas jalan di Sampit hanya C-III.

CPO dari salah satu perkebunan sawit yang mengangkut CPO dan PKO ke pelabuhan Bagendang. Sementara masyarakat pengguna jalan Negara yang sehari-hari dilewati jalan tersebut mulai dari masyarakat biasa sampai kepada pejabat sangat direpotkan dengan adanya kerusakan-kerusakan badanjalan yang terjadi dibanyak ruas jalan arah Sampit – Samuda.

Apalagi ketika berpapasan dengan truk-truk besar pada badan jalan yang hampir seluruhnya rusak yang mana truk tersebut sudah hampir memenuhi satu badan jalan. Kerusakan jalan tersebut sangat rentan dengan terjadinya kecelakaan, seperti yang dialami Iyan, (30) warga Babaluh dan Rudi (40) warga Sampit, belum lama ini.

Ketika dikonfirmasi Barito Post beum lama ini Iyan mengatakan bahwa ia jatuh sampai babak belur, tepatnya di Jalan Sampit – Samuda Km 07. menurut Iyan pada waktu itu ia hendak ke Sampit dari arah Samuda berboncengan dengan Dani pukul 17.00 WIB berkecepatan kurang lebih 70 km, mereka tidak mengira kalau ada lubang dan tidak sempat mengerem laju motornya.

Ketika Iyan sudah dekat tahu-tahu didepan ada lubang dan sempat mengerem laju kendaraannya sehingga ia terjatuh bersama temannya Dani. Masih beruntung Iyan walaupun luka disekujur tubuhnya, namun masih tidak begitu parah seperti apa yang dialami temannya Dani yang dibonceng dibelakang yang harus mengalami patah tulang karena saat terjatuh Dani terpelanting sejauh kurang lebih 3 meter, sedangkan Iyan masih berada tidak jauh dari posisi sepeda motornya. Setelah ditolong warga sekitar ternyata Iyan melihat Dani mengalami patah tulang dibagian betis sebelah kanan dan bahu sebelah kiri mengalami retak. Oleh karena mereka dari keluarga yang pas-pasan maka ia tidak dirawat di rumah sakit dan minta diantar pulang kerumahnya dan berobat ala kadarnya secara obat kampung.

Sementara Rudi seorang PNS di Sampit yang juga mengalami kecelakaan diruas jalan Sampit-Samuda saa ini dirujuk ke Banjarmasin karena mengalami sedikit keretakan pada kepala.

Berkenaan dengan masalah ini Iyan berharap agar pihak terkait bisa memperhatikan masalah ini, kasihan para pengguna jalan yang menjadi korban.

Barito Post yang ingin mengkonfirmasi kepada Kepala Unit Pengelola Jalan dan Jembatan DPU Kalteng di Sampit, melalui PPTK, Ir Teddy Rajali di ruang kerjanya. Namun sangat disayangkan ketika wartawan Barito Post datang hanya disambut oleh anak buahnya yang mengatakan PPTK sedang tidak masuk sudah hampir 15 hari tidak ada ditempat mungkin sedang pulang ke Provinsi, pangkasnya.


0 Responses to “JALAN RUSAK, PENGENDARA JATUH HINGGA PATAH TULANG”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: